Tips Membuat Loading Blog menjadi Cepat

Tips Membuat Loading Blog menjadi Cepat


Tips Membuat Loading Blog menjadi Cepat – kecepatan loading pada sebuah blog menjadi salah satu faktor kenyamanan pengunjung blog kita. Hal itu sangat mungkin terjadi jika pengunjung saat browsing dalam jangkauan internet yang lemah atau lemot. maka hal seperti ini dapat membuat pengunjung langsung berpindah blog yang lebih cepat loadingnya dan enggan untuk datang ke blog kita.

Saya mempunyai sebuah pengalaman, ketika saya sedang membutuhkan informasi yang sangat dibutuhkan dan menemukanya di sebuah blog, namun setelah saya buka blog tersebut loading blog nya berat. berat bukan karena inernet saya (internet saya HSPA+) namun dikarenakan tampilanya sangat dipenuhi dengan iklan, mending iklan biasa namun di blog yang saya kunjungi ini iklan 18+ semua, dan akhirnya saya langsung meng-close dan berpindah keblog yang lebih cepat loadingnya dan lebih nyaman . dengan adanya  kejadian tersebut saya enggan sekali untuk datang kembali. Nah dengan pengalaman saya ini kita dapat mengambil hikmah yaitu kita sebagai pemilik blog harus sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung blog. Jangan sampai kejadian diatas sampai terjadi di situs kita.

Kebanyakan para blogger terutama blogger yang pemula masih belum memperhatikan kecepatan loading blog mereka , mengapa hal tersebut sampai terjadi? Karena mungkin mereka hanya memirkan atau hanya memprioritaskan faktor keindahan dan estetika blog, memang, kita tak salah untuk memperhatikan nilai estetika blog kita namun pastinya semua hal yang berlebihan pasti tidak baik bukan?

Kebanyakan para blogger terutama blogger pemula tidak memperhatikan kecepatan blog mereka. mengapa demikian? karena pada saat itu mereka hanya memperhatikan keindahan dan kecantikan blog mereka saja. Dan akhirnya tanpa sadar blog mereka menjadi sangat berat ketika diakses oleh pengunjung.

Loading blog yang berat juga sangat tidak baik di mata search engine , google spider ( robor perayap google) sangat enggan sekali untuk mengunjungi dan merayapi situs yang berat. Kita semua pasti tahu bahwa sebagian besar pengunjung berasal dari search engine maka dari itu untuk mendapatkan banyak pengunjung maka kita harus bersahabat dengan mesin pencari google maupun yang lainya.

Untuk mengetahui seberapa berat loding blog kita, anda dapar mengakses beberapa situs dibawah ini.

1. PageSpeed Insight From Google ( Klik Disini )
2. Website Speed and Performance Optimization by GTmetrix ( Klik Disini )
3. Pingdom Tools by Pingdom ( Klik Disini )

Beberapa situs tools speed checker diatas merupakan situs yang terpercaya kualitasnya dalam mengecek kecepatan loading sebuah situs, anda tak perlu khawatir lagi atas kebenaran hasil nya dalam melakukan pengecekan, hasil yang ditunjukan akan terlihat dalam rasio (perbandingan) persen antara 10 % - 100 % dan juga menggunakan sistem color (warna) , dengan menggunakan sistem warna ini maka anda dapat mengetahui seberapa berat loadinga blog anda , perbandingan warna tersebut yaitu hijau (tinggi) , kuning (normal) , dan merah (rendah) dan juga hasilnya disediakan dalam versi ponsel maupu versi dekstop pc.

Tips Membuat Loading Blog menjadi Cepat

 1. berlebihan Pasang widget secukupnya

Kebanyakan para blogger pasti sangat antusias dengan hal ini, yaitu berlomba-lomba untuk mempercantik blog nya, dengan menambahkan banyak sekali aksesoris dan banyak sekali witget yang macam-macam bentuknya.

walaupun memperbanyak widget itu akan terlihat bagus tampilanya namun sangat tidak baik untuk kecepatan loading blog kita, maka untuk mempercepat loading blog kita maka kurangilah widget yang tidak perlu di blog anda.

Dalam pemilihan widget kita harus kolektif, pasanglah widget yang benar-benar bermanfaat cntohnya yaitu widget fp facebook, follower google dan lainya, tak usah lah anda memasang widget alay bin norak seperti animasi, musik dan lainya.

2. Jangan memakai template yang norak

maksud jangan memakai template yang norak yaitu jangan memakai template yang aneh bentuknya dan dalam pemasangan warna juga harus diperhatikan, saran saya jangan terlalu banyak warna di blog anda karena nanti akan malah menajadi aneh , norak dan kurang baik dimata pengunjung

Template yang norak biasanya mempunyai ciri-ciri seperti penempatan tata letaknya yang acak-acakan dan tak teratur pastinya, sebisa mungkin anda hindari template yang seperti ini.

 3. Jangan menambahkan script di atas ]]></b:skin> secara berlebihan

terlalu banyak kode script di sebuah template blog dapat mempengaruhi kecepatan  loading blog ansa, salah satunya yaitu terlalu banyak kode css di atas  ]]></b:skin>, sangat dapat mempengaruhi kecepatan sebuah blog

Jadi saran saya yaitu jangan terlalu banyak script css diatas ]]></b:skin> , percuma saja tampilan blog kita sangat menawan namun ketika diakses sangat berat sekali laoding blognya.

4. Sunsun struktur template dengan rapih 

template blog yang tata letaknya rapih dan teratur tentunya akan menjadikan nilai plus bagi blog anda, selain memberikan kesan bersih dan rapi juga dapat mempengaruhi kecepatan loading blog anda
·                     Template blog yang rapih tentunya berdasarkan rapihnya penempatan struktur  kode html, css di blog anda, maka dari itu bagi blog anda yang belum rapih silahkan dirapihkan terlebih dahulu.


5. Gunakan CSS Compressor

Untuk mempercepat loading blog , anda juga dapat melakukanya dengan cara mengkompres kode html blog anda dengan CSS kompressor. Setelah anda mengkompresnya maka copy  kode tersebut ke blog anda, dengan ha tersebut script blog anda menjadi lebih sedikit dan singkat tanpa mengurangi atau mneghilangkan script yang penting.
Jika anda malas untuk mengkompres script kode blog anda secara manual tak usah khawatir untuk saat ini sudah banyak kok website penyedia pengkompres script html, tool tersebut anda bisa mengaksesnya disini :
 http://www.csscompressor.com
 http://cssminifier.com/
 http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor
http://www.minifycss.com/css-compressor/

 6. Memperkecil Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang besar tentu akan mempengaruhi kecepatan blog sobat, oleh karena itu sobat harus memperkecil ukuran gambar, dengan cara memperkecil pixel gambar dan juga mengurangi kualitas gambar.

 7. Tidak Menggunakan Gambar Sebagai Background Blog

Background blog yag bergambar juga sangat mempengaruhi kecepatan loading blog anda, saran saya gunakan background untuk blog anda dengan cukup warna saja, dengan cara ini pasti blog anda akan lebih cepat dibandingkan dengan blog yang ber background gambar

8. Pasang Banner Iklan Secukupnya


Jika sobat ingin mendapatkan penghasilan dari blog anda dengan memasang iklan, sebaiknya pasang banner iklan secukupnya saja karena semakin banyak banner yang dipasang maka loading blogpun akan semakin berat.




Cukup sekian "Tips Membuat Loading Blog menjadi Cepat" yang dapat saya ulas, semoga saja ada mamfaatnya bagi para pembaca. oh ya jika anda berkenan jangan lupa untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar dibawah ini. dan jangan lupa untuk memfollow akun saya serta jangan lupa untuk berlangganan artikel di blog ini guna mendapatkan update artikel terbaru blog saya.


Penelusuran yang terkait dengan Loading Blog
cara mempercepat loading blog
tes kecepatan loading blog
artikel loading blog yang cepat
tips mempercepat loading blog
kumpulan loading blog yang cepat
cara mempercepat loading blog wordpress
animasi loading blog
membuat loading blog

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Dengan Sopan, Bahasa Indonesia Yang Benar dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Dilarang Menaruh Link Aktif Karena Akan Otomatis Terhapus.!!

Harap Baca TOS Terlebih Dahulu Sebelum Berkomentar. Terima Kasih atas Perhatiannya.
EmoticonEmoticon